3 Cara Beli Rumah dengan Pinjaman Bank

1 min read

Cara beli rumah dengan pinjaman bank
0
()

Cara beli Rumah dengan pinjaman Bank. Memiliki rumah sendiri tentu merupakan hal yang diinginkan. Selain lebih bebas, anda juga tidak terlalu memikirkan biaya sewa perbulan atau pertahun. Beberapa cara dilakukan untuk bisa memiliki rumah sendiri mulai dari bekerja, menabung, hingga investasi.

Namun kini ada cara lain yang bisa dilakukan untuk bisa memiliki rumah salah satunya adalah dengan meminjam dana dari Bank. Cara ini sudah banyak dilakukan oleh orang agar bisa membeli rumah yang mereka inginkan. Untuk anda yang berminat, berikut akan dijelaskan cara beli rumah dengan pinjaman Bank.

Cara Beli Rumah Dengan Pinjaman Bank

Berikut penjelasan bagaimana cara meminjam uang dari Bank untuk membeli rumah:

1. KPR

Cara beli rumah dengan pinjaman Bank yang pertama adalah melalui KPR. KPR merupakan kredit yang bisa anda lakukan dengan bantuan Bank untuk membayarkan kredit rumah anda kepada developer.

Biasanya pengembang sudah bekerja sama Bank untuk mempermudah proses ini. Maka dari itu anda bisa menggunakan cara ini untuk bisa membeli rumah yang diinginkan. Permohonan KPR diajukan dengan mengisi formulir pemesanan serta melunasi biaya pemesanan serta uang muka.

Selain itu anda juga harus menyiapkan dokumen penting sebagai syarat untuk mendaftar.

Setelah proses analisis risiko kredit serta survey penilaian properti, pengajuan KPR akan dilanjutkan dengan akad kredit. Apabila biaya dan kebutuhan soal administrasi sudah dipenuhi, maka akan lanjut ke tahap selanjutnya.

Tahap selanjutnya meliputi pelunasan BPHTB, asuransi FIDUCIA, provisi kredit, asuransi unit properti, serta biaya notaris untuk pengikatan kredit secara hukum. Jika proses akad kredit sudah selesai, maka Bank akan memberikan dana kredit yang biasanya ditransfer langsung ke rekening penjual.

Proses ini biasanya memakan waktu hingga 7 hari lamanya. Suku bunga kredit dikaji secara berkala biasanya setiap 3 atau 6 bulan.

Tahap selanjutnya adalah tinggal melunasi uang muka. Dalam melunasi uang muka, anda biasanya akan diminta untuk melunasi dari besaran 20 hingga 40%.

Namun hal itu juga tergantung dari kebijakan masing-masing Bank. Dalam pelunasan uang muka tersebut, sebaiknya jangan melakukan pembayaran sekaligus.

Tunggu hingga akad kredit telah disetujui Bank terkait. Jika semua angsuran telah dilunasi, Bank kemudian akan mengeluarkan surat pelunasan utang serta sertifikat asli kepemilikan rumah

2. Perbankan Konvensional Dan Daerah

Cara beli rumah dengan pinjaman Bank yang kedua adalah melalui Lembaga Keuangan Perbankan Konvensional dan Daerah. Dalam cara ini terdapat kewajiban debitur untuk membayar suku bunga sebagai timbal balik dari jasa yang diberikan mereka.

Bank yang biasanya menyediakan layanan pinjaman ini diantaranya Bank Mandiri, BRI, BNI, BTN, Danamon, dan Bukopin.

Selain itu terdapat juga Bank daerah yang juga menyediakan layanan ini adalah Bank DKI, BJB, Bank Jateng, dan lain sebagainya.

Masyarakat biasanya dapat mengajukan layanan ini karena berdomisili atau bekerja di area kerja perbankan tersebut.

3. Perbankan Syariah

Cara beli rumah dengan pinjaman Bank yang satu ini mungkin cocok untuk anda yang mengedepankan Hukum Agama.

Perbankan Syariah merupakan perbankan yang memberikan layanan jasa keuangan yang sesuai dengan Hukum Islam. Anda bisa mengajukan pinjaman untuk membeli rumah secara syariah di perbankan ini.

Pinjaman yang diberikan Bank tidak akan dibebankan bunga pada debitur. Hal ini dikarenakan akad yang digunakan sudah dibeli terlebih dahulu oleh pihak Bank. Kemudian pihak Bank akan menjualnya kembali kepada anda selalu debitur dengan harga yang telah dinaikkan.

Baca juga: 6 Cara Beli Rumah Tanpa Kredit Bank

Namun anda tidak perlu khawatir karena harga yang telah dinaikkan tadi sesuai dengan ketentuan yang berlalu.

Perbankan yang bisa anda pilih untuk mengajukan pinjaman diantaranya Bank Syariah Mandiri, Syariah BNI, BRI Syariah dan masih banyak lagi.

Suka Artikel Ini ?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

error: Content is protected !!