Cara Menulis Surat Izin Sakit

Cara Menulis Surat Izin Sakit – Kegiatan sekolah atau pun pekerjaan kita tentu harus dilakukan dan dikerjakan secara disiplin, apalagi pekerjaannya cukup berat dan mengharuskan kalian untuk selalu stay dalam pekerjaan tersebut atau sekolah. Tetapi terkadang sebagai manusia kalian akan merasakan atau terjangkit penyakit, sehingga tidak memungkinkan kita untuk bekerja atau bersekolah seperti normal kembali. Jadi kalian harus dapat memberikan surat izin sakit yang dimana harus dapat diterima oleh staff, dan dapat disampaikan kepada atasan ataupun kepala sekolah hingga guru atas ketidakhadiran kalian.

Tetapi dalam menulis surat izin tersebut memerlukan kaidah penulisan tertentu yang dimana supaya dapat terlihat formal dan tentunya akan bisa di terima oleh para atasan atau staff lainnya. Namun, kalian tentu cukup asing atau tidak terlalu paham dalam menggunakan kaidah penulisan tersebut dan berpikir apakah hal tersebut susah atau tidak. Oleh karena itu, kali ini kami akan memberikan kalian tata cara menulis surat izin sakit.

Berikut Merupakan Pandua Cara Menulis Surat Izin Sakit

Cara Menulis Surat Izin Sakit untuk Sekolah

Yang pertama terdapat tata cara untuk menulis surat izin sakit kepada sekolah atau yang ditujukan untuk sekolah seperti murid, guru, atau semacamnya. Biasanya tidak perlu terlalu formal, dan kebanyakan ditulis secara manual menggunakan kertas bergaris buku tulis biasa. Untuk kerangka izinnya biasanya seperti berikut:

1. Tujuan Surat

Sama halnya dengan Tujuan surat pada biasanya yang dimana diawali dengan kata “Yth.” Dan bisa dilanjutkan dengan nama guru dan juga kelas dari murid yang izin tersebut.

2. Isi Surat

Isi dari surat tersebut biasanya dimulai dengan salam seperti “Assalamualaikum Wr. Wb.” Untuk muslim. Lalu dilanjutkan dengan nama dari murid yang izin tersebut contohnya “Anak saya ….. tidak dapat hadir dalam kegiatan belajar mengajar”. Dan bisa diteruskan dengan alas an ketidakhadiran tersebut seperti sakit.

BACA JUGA :  Belajar Teknik Dasar Mengontrol Bola Sepak Bola [PRO]

3. Penutup Surat

Seperti biasa penutup biasanya bentuk ucapan terima kasih dan salam penutup dengan kalian yang tentunya sopan juga.

4. Tanda Tangan dan Nama Terang Orang Tua atau Pembuat

Tanda tangan pembuat juga diperlukan untuk validasi izin tersebut apakah memang benar-benar mendapatkan izin dari pihak orang tua atau wali dari murid yang bersangkutan tersebut.

Biasanya juga kalian dapat mengirimkan surat keterangan sakit dari dokter yang dimana bisa diminta saat dirawat.

Cara Menulis Surat Izin Sakit untuk Instansi

Untuk sebuah instansi harus dibuat lebih formal lagi, untuk menjaga keprofessionalitasan dalam suatu pekerjaan tersebut. Berikut kerangka surat yang dapat kalian gunakan untuk tersebut:

1. Alamat dan Tanggal Pembuatan

Alamat dan Tanggal Pembuatan dapat dikatakan cukup ada dalam hampir seluruh surat formal, karena merupakan bentuk standar nasional.

2. Alasan Ketidakhadiran

Selanjutnya kalian dapat memberikan alasan atau perihal ketidakhadiran kalian kepada pimpinan perusahaan atau atasan.

3. Tujuan Surat

Tujuan Surat tersebut hampir sama pada surat umumnya yaitu dengan diawali dengan “Yth.” Untuk pada Pemimpin atau Jabatan, dan “Kepada” untuk pada nama yang dituju.

4. Pembuka Surat

Pada bagian pembuka kalian dapat berikan salam atau pembuka seperti “Dengan hormat….”

5. Data Diri

Selanjutnya kalian juga dapat memberikan data diri seperti Nama, Alamat, dan Jabatan kalian.

6. Isi Surat

Isi surat tersebut kalian bisa memberikan keterangan lengkap mulai dari mengapa tidak bisa hadir, dan kapan hingga jangka waktu ketidakhadiran tersebut bisa kalian lampirkan juga.

7. Penutup

Bagian penutup juga cukup sama dengan surat lainnnya yakni bentuk rasa hormat dan terima kasih kepada pembaca.

8. Nama Terang dan Tanda Tangan

BACA JUGA :  Strategi Sepak Bola : Parkir Bus Ala Mourinho

Dan jangan lupa berikan nama teran dan tanda tangan kalian, dengan imbuhan “Dengan hormat,…” untuk memberikan keformalitasan kepada surat tersebut.

Nah, jadi itulah dia panduan atau tata cara menulis surat izin sakit dengan baik dan benar yang telah saya rangkum dalam pembahasan kali ini. Demikianlah pembahasan artikel ini saya buat. Jika kamu merasak informasi ini bermafaat, silahkan komen dan berikan rating terbaikmu untuk artikel ini. Terimakasih

Ahmad Wildan

Salah satu mahasiswa di Politeknik Negeri Jember dengan Prodi Teknik Informatika yang memiliki peran di bidang Programming & Content Writing, menyukai hal-hal yang berhubungan dengan dunia Games & Teknologi, bercita-cita menjadi seoarang Full Stack Developer, dan ingin menjadi bagian dari Tim IT di sebuah perusahaan.

Comments to: Cara Menulis Surat Izin Sakit