Cara Menulis Lamaran Pekerjaan

Cara Menulis Lamaran Pekerjaan – Seiring perkembangan yang sudah cukup maju seperti saat ini, membuat kebutuhan kita akan semakin meningkat dan tentunya harga setiap barang akan semakin naik juga. Sehingga kita harus bisa mendapatkan pekerjaan yang memang kita inginkan atau setidaknya harus memiliki pekerjaan tetap, supaya kebutuhan kita setiap hari harus dapat dibutuhkan. Tetapi dalam melamar sebuah pekerjaan kita juga harus tau bagaimana cara menulisnya, agar saat HRD atau atasan mengecek dan membaca akan membuatnya tertarik untuk memanggil kita.

Karena kita tentu tidak menulis secara asal dan tidak relevan dengan pekerjaan yang kita lamar, jadi kita juga diharuskan untuk mengikuti aturan-aturan atau tata krama yang berlaku dalam penulisan lamaran tersebut. Apalagi memang saat ini telah banyak sekali entah mulai dari perusahaan kecil hingga besar sekalipun, membutuhkan lamaran yang sesuai dan tentunya membuat orang tertarik dalam membacanya. Oleh karena itu, kali ini kami akan memberikan kamu cara menulis lamaran pekerjaan.

Berikut Merupakan Tata Cara Menulis Lamaran Pekerjaan

Mengatur Worksheet

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah bagaimana dalam membuat format kertas atau worksheet dalamm surat lamaran tersebut, namun jika kamu menulisnya secara manual dapat skip kaidah berikut ini. Tetapi ada juga beberapa hal yang dapat diikuti juga walaupun ditulis secara manual seperti jarak dan penempatan kata pada surat lamaran tersebut.

1. Ubah Kertas Berbentuk A4 atau FLSC/F4/Folio

Kertas yang digunakan saat diberikan juga kepada lamaran juga harus diperhatikan, supaya dapat terlihat format dan tidak asal juga. Seperti A4 yang dimana merupakan salah satu ukuran untuk secara Internasional, sehingga untuk melamar pekerjaan milik luar negeri bisa gunakan ukuran tersebut. Untuk FLSC/F4/Folio dapat digunakan pada perusahaan asal Indonesia seperti BUMN, karena ukuran tersebut dapat dikatakan merupakan standar nasional.

BACA JUGA :  7 Cara Membuat Tanaman Hidroponik Mudah Di Rumah

2. Sesuaikan Margin Kertas hingga Font dan Spacing

Margin atau seperti jarak dalam tulisan dalam kertas harus diperhatikan juga, kamu bisa menggunakan margin normal pada aplikasi yang digunakan. Bisa juga kamu menggunakan salah satu costum margin yakni dengan mengatur ukuran Top, Bottom, dan Right sebanyak 2cm, dan Left sebanyak 2,5cm. Ubah juga Spacing sebesar 1,15cm untuk mendapatkan jarak yang pas, sehingga tidak terlalu jauh antar kalimat dan juga huruf.

Kerangka Surat Lamaran

1. Alamat dan Tanggal Pembuatan Surat

Alamat tempat tinggal kamu jangan lupa untuk dilampirkan juga, dan disambung dengan tanggal pembuatan surat lamaran tersebut. Untuk penempatannya berada di pojok kanan surat.

2. Tujuan Surat dan Siapa yang Dituju

Selanjutnya terdapat tujuan surat dan juga siapa yang dituju dalam surat tersebut, dan diawali dengan “Yth.”.

3. Pembukaan Surat

Biasanya penulisannya diberikan pembuka seperti “Menurut informasi yang saya dapatkan dari….” Atau bisa juga dengan “Berdasarkan informasi yang saya peroleh….”.

4. Data Diri Kamu

Jangan lupakan juga data diri kamu seperti nama, tempat tanggal lahir dan sebagainya.

5. Lampiran yang Dibawa

Berikan juga penjelasan apa saja lampiran yang disertakan dalam surat lamaran tersebut.

6. Penutup

Dalam penutup kita juga harus gunakan bahasa yang sopan biasanya ditambah dengan imbuhan “Jika “ibu/bapak/instansi” bersedia atau berkenan menerima lamaran…..”.

7. Hormat dan Tanda Tangan

Berikan juga nama terang kamu dan juga kalimat “Hormat Saya,” Untuk lebih memberikan kesan lebih formal lagi.

Nah, jadi itulah dia panduan atau tata cara menulis surat lamaran pekerjaan yang baik dan benar. Demikianlah pembahasan artikel ini saya buat. Jika kamu merasak informasi ini bermafaat, silahkan komen dan berikan rating terbaikmu untuk artikel ini. Terimakasih

BACA JUGA :  Teknik Dasar Menggiring Bola (Dribbling) Sepak Bola Pro

Ahmad Wildan

Salah satu mahasiswa di Politeknik Negeri Jember dengan Prodi Teknik Informatika yang memiliki peran di bidang Programming & Content Writing, menyukai hal-hal yang berhubungan dengan dunia Games & Teknologi, bercita-cita menjadi seoarang Full Stack Developer, dan ingin menjadi bagian dari Tim IT di sebuah perusahaan.

Comments to: Cara Menulis Lamaran Pekerjaan